Sabtu, 07 Mei 2011

proposal waka juice tingkat JABAR

1. PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Di zaman Globalisasi yang modern dan serba tekhnologi seperti sekarang, ternyata tidak membuat sebagian masyarakat menjadi semakin sejahtera. Terbukti dengan tingkat pengangguran yang semakin bertambah, disebabkan semakin meningkatnya jumlah lulusan akademik baik SMK, SMA ataupun universitas. Menurut hasil survei bidang Statistik Sosial BPS tahun 2009, menjelaskan bahwa pengangguran terbuka di dominasi oleh lulusan Sekolah Menengah Kejuruan sebesar 17,26% dari jumlah penganggur, kemudian disusul lulusan Sekolah Menengah Atas sebesar 14,31%, lulusan Universitas sebanyak 12,59%, diploma 11,21%, baru lulusan SMP 9,39%, dan SD ke bawah 4,57%. Padahal, dapat dilihat begitu kaya nya tanah Indonesia dan memiliki potensi besar untuk menjadi Negara Maju, namun mengapa hingga detik ini Indonesia masih tetap menjadi Negara Berkembang. Hal tersebut membuka pikiran saya sebagai generasi muda penerus bangsa dan juga memberi inspirasi dan memotivasi diri saya untuk dapat menciptakan sebuah usaha. Semua yang dilakukan tidak semata-mata hanya ketidaksengajaan, tetapi juga memiliki tujuan dan maksud. Tujuan saya menciptakan sebuah usaha adalah untuk menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, dan dapat menjadi inspirasi generasi muda yang lain untuk sukses sehingga dapat mengangkat nama Indonesia sebagai Negara yang bukan lagi Negara yang memiliki tingkat pengangguran yang tinggi tetapi menjadi Negara yang Maju, kreatif, dan Inovatif.
Selain itu, kesehatan yang menjadi prioritas utama dalam kehidupan, dari hari ke hari semakin menurun. Terbukti dengan semakin banyaknya penyakit yang muncul dan menyerang kondisi tubuh manusia. Berbagai penyakit berbahaya pun sudah mulai mengancam kehidupan dan kesejahteraan umat manusia, contohnya depresi/stress, darah tinggi, diare, gangguan system syaraf, dan bahkan penyakit kanker. Sebagai awalan saya akan mengambil contoh penyakit berbahaya adalah kanker, pada kenyataannya penyakit kanker memiliki tingkat berbahaya yang tinggi sehingga dapat berakhir pada kematian, contoh penyakit kanker adalah kanker payudara, kanker rahim, kanker otak, dan lain sebagainya. Menurut beberapa hasil riset dan penelitian menyatakan bahwa buah-buahan dan sayur-sayuran serta disiplin dalam memilih makanan atau minuman adalah kunci awal dari kesehatan.
Atas dasar itulah saya melakukan survei terhadap lingkungan sekitar, yaitu siswa/siswi SMA plus Bina Bangsa Sejahtera. Survei yang saya lakukan adalah membagikan kuesioner tertutup dengan 20 pertanyaan yang diberikan kepada 30 responden sebagai sampel. Survei ini dilakukan untuk mendapatkan data tentang produk boga apa dan bagaimana yang diinginkan konsumen. Setelah mendapatkan hasil dari data, saya menarik kesimpulan untuk membuat suatu produk boga minuman yang akan dijual di pasaran.
Buah sirsak adalah buah yang berasal dari kata zuurzak yang berarti kantung asam. Buah sirsak sebenarnya berasal dari Hindia Barat dan Amerika. Namun, walaupun buah sirsak bukan buah asli dari Indonesia, akan tetapi buah sirsak dapat tumbuh dengan baik di Indonesia sehingga dapat di budidayakan. Nama lain dari buah sirsak adalah Nangka Belanda, Nangka Sebrang, dan Buah Mandalika. Pohon sirsak memiliki tinggi yang mencapai 3-8 meter. Buah sirsak termasuk dalam kategori buah musiman. Buah sirsak memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah dapat menormalkan sistem syaraf yang terganggu.
Buah jambu atau dalam bahasa inggris ialah Guava Fruit, memiliki banyak spesies dan variasinya, variasi pada setiap spesies memiliki manfaatnya masing-masing, hanya saja yang memiliki manfaat lebih besar dan banyak adalah buah jambu biji merah. Buah jambu biji merah tidak termasuk dalam buah musiman, karena siapa pun dapat dengan mudah menemukan buah ini di supermarket, toko-toko buah, bahkan di pasar tradisional. Rasanya yang segar dan manis sangatlah menggetarkan lidah. Manfaat buah jambu merah sangat besar, salah satu dari manfaatnya adalah dapat mencegah konstipensi dan membantu meningkatkan trombosit darah.
Jika kedua buah ini di campur dan dibuat menjadi produk boga, dengan manfaat dan kelebihan yang dimiliki masing-masing buah akan menghasilkan minuman yang memiliki nilai tambah untuk kuliner Indonesia.
Atas dasar survei yang telah dilakukan, dan keahlian serta keterampilan yang dimiliki maka saya memilih “Waka Juice” sebagai nama yang cocok untuk produk minuman tersebut, dengan bahan dasar buah sirsak dan buah jambu biji merah.
Dengan sampel minuman Waka Juice yang di jual kepada konsumen sekitar SMA Bina Bangsa Sejahtera, ternyata mendapat tanggapan dan respon yang baik. Sehingga menguatkan pendirian saya dalam menjual Waka Juice ini, bahwa produk minuman Waka Juice ini mampu memasuki pasaran secara luas dan sukses.

1.2 PERUMUSAN MASALAH

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan permasalahan seperti berikut :
 Bagaimana sistem pelaksanaan usaha minuman “Waka Juice” ?
 Bagaimana aspek pemasaran, aspek tekhnis dan aspek manajemen usaha minuman
“Waka Juice” ?
 Bagaimana cara pengelolaan keuangan usaha minuman “Waka Juice” ?
1.3 TUJUAN PROPOSAL
Berdasarkan perumusan masalah yang telah diuraikan sebelumnya, maka tujuan proposal ini adalah :
 Mengidentifikasi sistem pelaksanaan usaha minuman “Waka Juice” .
 Mengetahui aspek pemasaran, aspek tekhnis, aspek manajemen, dan aspek ekonomi sosial lingkungan usaha minuman “Waka Juice” .
 Menganalisis cara pengelolaan keuangan usaha minuman “Waka Juice”.
2. ASPEK USAHA

2.1 Aspek Pemasaran

Waka Juice adalah minuman kesehatan keluarga Indonesia. Waka Juice merupakan kuliner dalam jenis minuman, yang mencampurkan dua buah yang berbada menjadi satu dalam bentuk jus dan dengan tambahan-tambahan lainnya, sehingga menjadikan minuman Waka Juice ini adalah minuman yang unik, sehat, lezat, dan segar untuk tubuh. Waka Juice disajikan dalam kondisi dingin, agar lebih terasa nikmat dan manfaatnya.
Ada beberapa alasan mengapa mendirikan usaha Waka Juice di Kota Bogor. Penentuan Segmentation, Targeting, dan Positioning yang tapat sasaran dan alasan lainnya. Berikut adalah Segmentation, Targeting dan Positioning Waka Juice :
 Segmentation:
Segmen pasar produk minuman Waka juice berdasarkan:
a. Geografi : Meliputi Bogor
b. Demografis : Minuman Waka Juice ini dapat dinikmati oleh semua umur (anak-anak, remaja, dewasa ) di kota Bogor dan sekitarnya. Sebagai langkah awal, kami akan lebih konsentrasi kepada usia Remaja yang memiliki rasa keingin tahuan yang besar untuk mendapatkan pengalaman baru dalam hal kuliner.
 Targetting:

Target dari Waka Juice adalah anak-anak, remaja, dan orang dewasa yang mencari kesegaran minuman dan kesehatan yang alami.

 Positioning:

“Sehat dan nyaman bersama Waka Juice”



Alasan pemilihan usaha Waka Juice diantaranya :

 Kampus Dalam IPB Dramaga ( Rumah sewa ) menjadi pilihan tempat yang tepat untuk usaha minuman. Dengan menjadikan Rumah sewa sebagai awal tempat menekuni usaha, diharapkan usaha Waka Juice dapat berkembangdan mampu bersaing dengan usaha minuman lain. Pemilihan lokasi tersebut ( strategis ) karena merupakan jalan utama dan akses para mahasiswa IPB, sehingga memberi keyakinan bahwa usaha saya dapat dipilih dan dipercaya oleh konsumen.
 Waka Juice termasuk jenis minuman yang unik, sehat, lezat, dan segar bagi tubuh. Dengan promosi dan manejemen yang baik diharapkan minuman Waka Juice dapat menjadi pilihan paling utama konsumen selanjutnya.

2.2 STRATEGI PEMASARAN USAHA DAN PESAING
Strategi perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pemasaran yang kemudian akan mendistribusikan produk kepada konsumen, agar terpenuhi segala kebutuhan dan keinginan konsumen.
Dalam melaksanakan strategi pemasaaran maka usaha bisnis minuman “Waka Juice” menggunakan bauran pemasaran yang dikenal dengan 4P yakni product, pricing, promotion, dan place. Di bawah ini adalah penjabaran masing-masing dari 4P yang mendukung berdirinya usaha minuman “Waka Juice”.

› Product
Produk kami berasal dari minuman. Minuman yang menjadi produk kami adalah Waka Juice yang berasal dari buah sirsak,buah jambu biji merah,dengan tambahan agar-agar dan susu kental manis sebagai pelengkap.
Kandungan Zat Gizi dan serat pangan buah SIRSAK / 100 gram BDD dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

Tabel Kandungan Zat Gizi dan serat pangan buah SIRSAK / 100 gram BDD
Kandungan Jumlah Kandungan Jumlah
Energi 65,00 kal Besi 0,60 mg
Protein 1,00 gr Vitamin A 1,00 RE
Lemak 0,30 gr Vitamin B1 0,07 mg
Karbohidrat 16,30 gr Vitamin B2 0,04 mg
Kalsium 14,00 mg Vitamin C 20,00 mg
Fosfor 27,00 mg Niacin 0,70 mg
Serat 2,00 gr
Manfaat buah sirsak adalah Berbagai manfaat sirsak untuk terapi antara lain pengobatan batu empedu, antisembelit, asam urat dan meningkatkan nafsu makan. Dengan mengkonsumsi buah sirsak dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan (sebagai obat agar awet muda). Selain itu, kandungan seratnya juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit. Sari buah sirsak di dalam sistem pencernaan akan meningkatkan rangsangan nafsu makan. Kegunaan lain dari sari buah ini adalah untuk pengobatan pinggang pegal dan nyeri, penyakit kandung air seni dan wasir (ambeien). Buah sirsak dipercaya mampu mengalahakan kanker 10000 kali lebih cepat di bandingkan dengan kemoterapi.
Kandungan gizi dalam 100 gram jambu biji disajikan pada tabel 1 sebagai berikut : Tabel 1. Kandungan Gizi jambu biji dalam 100 gram BDD
Kandungan Jumlah Kandungan Jumlah
Energi 49,00 kal Vitamin A 25 SI
Protein 0,90 gr Vitamin B1 0,05 mg
Lemak 0,30 gr Vitamin B2 0,04 mg
Karbohidrat 12,20 gr Vitamin C 87,00 mg
Kalsium 14,00 mg Niacin 1,10 mg
Fosfor 28,00 mg Serat 5,60 gr
Besi 1,10 mg Air 86 gram
Bagian yg dapat dimakan 82 gram
Jambu biji juga mengandung kalium yang berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan dan sel tubuh serta menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida darah, serta menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Menurut Dr. James Cerda dengan memakan jambu biji 0,5 - 1 kg /hari selama 4 minggu resiko terkena penyakit jantung dapat berkurang sebesar 16 %.
Kandungan dari agar-agar adalah dari alga hijau yang berasal dari laut,dan penambah rasa. Manfaat dari agar-agar adalah untuk mencerna makanan,baik untuk pencernaan di usus,dapat digunakan untuk meredakan panas dalam, Antikanker, Antioksidan, Mencegah Kardiovaskular, Makanan Diet.
Kandungan dari susu cair adalah Energi total 140 kkal,Energi dari lemak 40 kkal,Lemak total 4 g(8% AKG),Kolesterol 3 mg(1% AKG),protein 1,1 g(2% AKG),KarbohidratTotal 24 g (7%AKG),Serat pangan 2 g (7% AKG),gula 20 g,Natrium 35 mg(2% AKG),Vitamin A (10%AKG),Vitamin B1 (10% AKG),Vitamin D3(21%AKG),Kalsium (15% AKG), Zat Besi (2% AKG). Sedangkan manfaat dari susu cair adalah kalsium lebih tinggi,lebih praktis,baik untuk pertumbuhan tulang dan tubuh,dll.
Dari kandungan bahan-bahan yang kami gunakan untuk minuman Waka Juice, dapat terlihat untuk kualitas yang bagus dengan penyesuaian harga yang terjangkau oleh konsumen.
› Pricing

Harga yang di berikan untuk minuman Waka Juice adalah seharga Rp. 5000,00/cup. Harga yang di tetapkan merupakan harga ekonomis dengan kualitas baik bagi semua kalangan sehingga terjangkau dan bermanfaat untuk di konsumsi.




› Promotion

Teknik yang digunakan untuk informasi produk minuman Waka Juice adalah dengan dua cara yakni dengan cara media cetak dan media elektronik. Dengan media cetak promosi dilakukan dengan menyebarkan brosur kepada umum tentang produk minuman Waka Juice, sedangkan dengan media elektronik promosi di lakukan dengan cara pemasangan iklan pada Yahoo ! koprol, FB, E-mail.
Yahoo!koprol : wakajuice@ymail.com
FB : wakajuice@ymail.com
E-mail : wakajuice@ymail.com

› Placement
Tempat yang cocok untuk penjualan minuman Waka Juice adalah di tempat-tempat atau daerah yang ramai dan strategis, contohnya adalah disekitar perumahan, kantin-kantin sekolah, kantin rumah sakit dan di Mall terutama di bagian food court.






















3. ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN.

3.1 ASPEK ORGANISASI USAHA
Nama Usaha : Waka Juice
Nama Pemiliki : Sinta Krisdamayanti
Alamat Usaha : Jln. Pancasan Gang Haji Mustofa No. 37 Bogor.
Bidang Usaha : Minuman
Jenis Usaha : Kewirausahaan Minuman Jus Buah Segar.
Lokasi Produksi : Jln. Pancasan Gang Haji Mustofa No.33 Bogor.
3.2 ASPEK MANAJEMEN
3.2.1. Sumberdaya Manusia
Usaha Waka Juice ini akan dibuka mulai jam 11.00 hingga jam 21.00 (senin – Minggu), untuk hari libur besar Waka Juice ini akan buka mulai jam 11.00 hingga jam 22.00 WIB.
Untuk itu tenaga kerja yang dibutuhkan adalah satu orang.
3.2.2. Deskripsi Pekerjaan
Deskripsi pekerjaan merupakan gambaran mengenai pekerjaan dan tanggungjawab yang akan dilakukan oleh setiap jenis pekerjaan. Walaupun pemilik bukan merupakan pekerja tetapi tetap mempunyai tanggung jawab didalam struktur organisasi suatu usaha.
1. Pemilik
• Mengevaluasi dan memeriksa hasil pekerjaan karyawan
• Mengatur keuangan dan memeriksa laporan keuangan
• Menerima pertanggungjawaban manajer operasional
2. Pegawai
• Memilih dan mempersiapkan bahan baku yang baik dan segar
• Memasak dan menyajikan menu
• Menjaga kualitas buah agar tetap fresh
• Menjamin kesempurnaan dan kesamaan rasa dari sebuah resep makanan
• Mempersiapkan pekerjaan perawatan dan pelayanan mesin pendingin untuk rumah makan
• Merawat peralatan masak
• Mencatat bahan makanan yang perlu dibeli esok harinya.
• Memperhatikan tata letak dan keteraturan ruangan
• Bertanggungjawab terhadap kebersihan dan kerapihan ruangan
• Melayani setiap konsumen yang datang
• Selalu siap dalam dalam melayani pelanggan
• Selalu bersikap ramah (kepada setiap pelanggan).

3.3 ASPEK LEGALITAS
Dalam rangka penataan, peningkatan tertib usaha, perlindungan konsumen dan kepastian hukum di bidang perdagangan dengan sistem penjualan langsung perlu diupayakan tata cara penerbitan surat ijin usaha penjualan langsung. Masalah legalitas usaha menjadi sangat penting, karena legalitas usaha menyatakan bahwa usaha yang dijalankan bisa dibuktikan keberadaannya. Dengan adanya legalitas usaha akan memudahkan kita untuk mengajukan permodalan, mengadakan kerjasama dengan pihak ke 3, sebagai syarat pengajuan KPR hingga persiapan untuk membuka usaha dan memperkenalkan usaha. Untuk mempersiapkan semua persyaratan legalitas usaha Waka Juice ini diperlukan :
1. Mencari surat keterangan dari RT/RW dimana lokasi tempat Waka Juice akan didirikan.
2. Surat keterangan pengantar RT/RW sebagai surat pengantar untuk mencari surat keterangan domisili usaha dikantor kelurahan. Untuk tahapan ini belum ada biaya yang dikeluarkan, apabila terdapat biaya yang dikeluarkan itu bersifat suka rela.
3. Setelah surat keterangan domisili usaha ini jadi difotokopi bersama KTP 5 rangkap. Dimana satu lembar untuk arsip pribadi, 2 untuk arsip kelurahan dan 2 untuk pengajuan ke kantor Deperindag
Setelah semua persiapan selesai maka perlu dipersiapkan kembali syarat-syarat untuk pengajuan ke kantor Deperindag (bagian perijinan usaha) yang mengurusi masalah legalitas usaha untuk mengurus SIUP dan TDP. Biaya yang digunakan untuk pembuatan surat ijijn usaha kurang lebih Rp. 500.000,00 untuk ijin usaha perorangan. Waktu yang dibutuhkan sekitar satu minggu untuk mengurus perijinan tersebut. Berikut ini syarat untuk pengajuan pembuatan SIUP ke Deperindag :
1. Surat keterangan domisili usaha dari kelurahan dan fotocopiannya
2. KTP Asli dan fotocopiannya
3. Pas foto 3 x 4
4. Materai











4 ASPEK PRODUKSI

4.1 PRODUK :
Pernacanaan bisnis usaha minuman Wa Juice ini perlu dilakukan karena menyangkut Produk yang akan dijual.
A. Dimensi Produk :
Bisnis usaha minuman Waka Juice, termasuk ke dalan usaha unik, dan kreatif. Waka Juice memiliki tampilan atau dimensi produk yang berbeda dari jus atau minuman yang lain. Waka juice juga memiliki filosofi tersendiri yang unik.
Bentuk dari Waka Juice mengikuti bentuk cup yang di gunakan, saya menggunakan cup standar untuk Waka Juice. Ukuran dari Waka Juice telah disesuakan sesuai dengan survei dan pengambilan data dengan tingkat kepuasan konsumen untuk mengkonsumsi. Warna dari minuman Waka Juice di desain se kreatif mungkin sehingga antara warna sirsak dan warna merah jambu terpisah namun saling mempengaruhi rasa satu sama lain, tampilan menarik, menjadi kunci saya dalam mempasarkan produk Waka Juice.
B. Nilai dan Manfaat Produk

Manfaat yang ditawarkan oleh minuman Waka Juice terbagi dalam lima tingkatan yakni Manfaat Inti, Manfaat Dasar, Manfaat yang diharapkan, Manfaat di atas harapan, dan Manfaat Potensial. Berikut adalah penjelasan masing-masing tingkatan:
› Manfaat Inti adalah manfaat yang di berikan untuk pemenuh terhadap kebutuhan utama konsumen. Semua makhluk hidup membutuhkan makan dan minum. Manusia tidak bisa terlepas dari kodrat bahwa manusia dapat bertahan hidup dengan makan dan minum. Diantara makan dan minum, manusia lebih tergantung pada minum. Sebagian dari tubuh manusia adalah cairan, itulah yang membuat manusia sangat membutuhkan air untuk minum. Manusia masih dapat hidup jika tidak makan beberapa hari, namun manusia tidak akan hidup jika dalam beberapa hari tidak minum.
› Manfaat Dasar adalah manfaat yang diberikan untuk memecahkan masalah kebutuhan utama. Solusi dari masalah kebutuhan utama adalah mencari minuman dan makanan, sebagai pemenuhan kebutuhan tubuh. Minuman Waka Juice diciptakan untuk menjadi solusi kebutuhan utama.
› Manfaat yang di harapkan ialah manfaat yang diharapkan lebih dari sekedar pemenuhan dasar. Waka Juice dapat menghilangkan haus dengan kandungan gizi yang baik.
› Manfaat di atas harapan ialah manfaat yang dapat diberikan lebih dari yang diharapkan konsumen. Selain Waka Juice dapat memenuhi kebutuhan pada saat haus, Waka Juice juga dapat mengenyangkan sehingga hampir sama dengan makan. Waka Juice memenuhi syarat sehat, dan nilai gizi yang sangat baik bagi tubuh, itulah alasan mengapa Waka Juice selain dapat menghilangkan rasa haus tapi juga dapat menghilangkan rasa lapar.
› Manfaat Potensial ialah semua manfaat yang mungkin dapat diberikan lebih dari sekedar augmented benefit. Waka Juice memberikan lebih dari sekedar menghilangkan haus ataupun lapar. Kesehatan yang baik, mempercantik tubuh, menambah konsenterasi, memberikan rasa segar pada tubuh dan lain-lain itulah beberapa manfaat yang mungkin di dapat oleh konsumen jika mengkonsumsi Waka Juice.
C. Kegunaan atau Fungsi Produk.
Pemilihan produk adalah sesuai dengan data survei dan mengarah pada kebutuhan pokok atau utama, sehingga mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsinya. Waka Juice adalah minuman yang memiliki efek dan kualitas baik, dengan harga yang terjangkau. Waka Juice adalah sebuah produk minuman yang selain untuk menghilangkan haus tetapi juga dapat di gunakan sebagai kesehatan dan juga penunda lapar.
Dengan demikian, menurut Kegunaan atau Fungsi Produk, Waka Juice termasuk dalam Convenience goods yaitu produk yang di cari karena di butuhkan sehari-hari dan juga tidak sulit didapatkannya dan Shopping goods yaitu produk-produk yang dibedakan oleh konsumen berdasarkan kualitas, harga, tren, dan gaya dalam kategori prodak boga yaitu minuman. Selalu ada harapan pada setiap usaha, berharap Waka Juice dapat menjadi Speciality goods di pasaran dan terlebih di hati para konsumen.

4.2 PROSES PRODUKSI
Aspek teknis yang dilakukan yaitu kegiatan memproduksi bahan baku hingga menjadi produk yang siap untuk dikonsumsi.
Berikut ini proses produksi minuman Waka Juice.
1. Cara Pembuatan Waka Juice :
› Bahan-Bahan minuman Waka Juice :
• Buah Sirsak 1 Buah
• Buah Jambu Biji Merah 3-4 Buah ( tergantung ukuran Jambu )
• Gula Pasir ¼ Kg
• Susu Kental Manis 1 saset
• Agar-Agar 1 saset
• Air mineral 1 galon
• Es Batu 1 kantung
› Peralatan yang digunakan untuk Waka Juice :
• Pisau
• Blender
• Mangkok ukuran sedang dan besar
• Sendok sayur
• Cup yang sudah diberikan Logo
• Sedotan menarik.
› Cara Membuat
• Cuci bersih buah-buahan dengan air.
• Kupas buah Sirsak, pisahkan antara daging buah dengan bijinya menggunakan garpu.
• Setelah di pisahkan simpanlah daging buah sirsak tersebut pada magkok ukuran sedang.
• Potonglah buah jambu biji merah menjadi 4 bagian.
• Setelah itu blender buah sirsak terlebih dahulu dengan memasukkan gula secukupnya, beberapa potongan es batu dan air mineral secukupnya serta sedikit susu kental manis sebagai pelengkap.
• Setelah buah sirsak di blender, buah sirsak disimpan sementara di sebuah mangkok besar yang mampu menampung buah sirsak yang sudah menjadi jus.
• Jambu biji yang sudah di potong 4 bagian, diblender bersamaan dengan gula pasir secukupnya, es batu dan air mineral secukupnya. Setelah di blender dan menjadi jus, simpanlah sementara di sebuah mangkok yang dapat menampung jus jambu tersebut.
• Buatlah agar-agar, setelah agar-agar matang dan siap di cetak, masukan agar-agar pada cetakan persegi panjang, lalu masukan ke dalam kulkas agar lebih cepat kenyal.
• Siapkan Cup berukuran sedang yang sudah memiliki logo Wa Juice, sedotan yang menarik, sendok sayur.
• Masukan jus Sirsak terlebih dahulu ke dalam cup, masukan setengah dari cup.
• Serut agar-agar di atas jus sirsak.
• Masukan jus jambu dengan sendok sayur ( tidak keadaan penuh ).
• Gerakan sendok memutar agar warna yang dihasilkan menarik.
• Untuk penyajian hias sesuai keinginan dengan menggunakan agar-agar dan sedotan yang menarik.

4.3 KAPASITAS PRODUKSI
Sebagai langkah awal, usaha minuman jus segar ”Waka Juice” untuk perencanaan menggunakan perencanaan strategis. Proyeksi kapasitas dilakukan dalam jangka waktu tiga tahun kedepan, sesuai dengan rencana usaha minuman jus segar ”Waka Juice”. Berikut adalah kapasitas perencanaan produksi :
Tahun Rencana produksi (dalam unit)
1 18000
2 36000
3 54000

Dengan survei untuk memiliki tempat usaha yang strategis, maka di pilihlah sebuah rumah sewa dengan biaya Rp. 4.000.000/tahun. Terletak strategis karena rumah berada di pinggir jalan utama, sehingga memudahkan untuk memperkenalkan Waka Juice terhadap konsumen.

4.4 BAHAN BAKU DAN BAHAN PEMBANTU
Bahan Baku yang tersedia :
• Buah Sirsak 1-2 Kg/Hari
• Buah Jambu Biji Merah 1-2 Kg/ Hari
• Gula Pasir 2-3 Kg/Hari
• Susu Kental Manis 2-4 Kaleng/Hari
• Agar-agar 2 saset
Untuk pembuatan Wa Juice 10 cup :
• Sirsak 500 gr
• Jambu 2 buah
• Gula pasir ½ kg
• Susu kental manis ½ kaleng

Bahan pembantu yang tersedia :
• Blender 1 Buah
• Sendok sayur 2 Buah
• Mangkok 4 Buah
• Cup dan Sedotan 20-30 Buah











5. ASPEK KEUANGAN
5.1 IDENTIFIKASI BIAYA
 INVESTASI/ PERALATAN
Tabel 2. Rincian investasi dan peralatan
No Keterangan Satuan Harga persatuan Jumlah Biaya di tahun pertama Umur teknis
1 Counter kayu Unit 2.500.000 1 2.500.000 5
2 Container Jus Unit 30,000 2 60.000 3
3 Cooler box Unit 150,000 1 150.000 5
4 Mesin Seal Unit 600,000 1 600.000 5
5 Kursi Unit 25,000 2 50.000 2
6 Blender Unit 200,000 1 200.000 3
7 Sendok besar Unit 7,500 1 15.000 2
8 Pisau Unit 10,000 2 20.000 3
9 Sendok lusin 12,000 0,5 6.000 3
10 Garpu lusin 12,000 0,5 6.000 3
11 Kain Lap unit 15,000 1 15.000 1
12 Botol aqua galon unit 35,000 1 35,000 10
Total 3,657,000

* Modal yang diperlukan berasal dari pemilik, tidak melalui pinjaman bank.



 BIAYA TETAP
Biaya tetap secara jelas bersifat tetap. Biaya–biaya ini tidak berubah jika tingkat output berubah. Beberapa komponen dari biaya tetap adalah :
Tabel 3. Rincian biaya tetap
Keterangan Satuan Harga persatuan Biaya pertahun
Sewa Bangunan Tahun 4,000,000 4,000,000
Gaji Karyawan Bulan 500,000 6,000,000
Listrik 450 watt Bulan 100,000 1,200,000
Biaya promosi Tahun 1,500,000 1,500,000
Total 12,700,000

 BIAYA VARIABEL
Biaya variabel merupakan biaya yang dapat berubah-ubah yang mencakup bahan baku minuman “waka juice”
Tabel 4. Rincian biaya variabel
Keterangan Satuan Harga persatuan Jumlah Biaya perhari Biaya pertahun
Buah Jambu biji merah Kg 5,000 5 25,000 9.000.000
Buah sirsak Kg 5,000 5 25,000 9.000.000
Selasih botol 5,000 1 5,000 1.800.000
Agar bubuk Sachet 2,000 5 10,000 3.600.000
Susu Kental manis Kaleng 7,000 2 14,000 5.040.000
Gula Pasir Kg 10,000 2,5 25,000 9.000.000
Air Galon Galon 12,000 1 12,000 4.320.000
Es Batu Buah 1,000 5 5,000 1.800.000
Gelas Plastik Buah 500 40 20,000 7.200.000
Sedotan Buah 500 40 20,000 7.200.000
Total 161,000 57,960,000

 BIAYA LAIN-LAIN
Tabel 5. Biaya lain-lain
No keterangan Tahun pertama
1 Biaya ijin usaha 500.000
2 Biaya lain-lain yang tidak diperhitungkan -


5.2 IDENTIFIKASI BENEFIT
benefit / manfaat dari usaha Waka Juice ini diantaranya berasal dari :
a. Benefit Tangible ( dapat dihitung )
Manfaat yang terukur adalah dari hasil penjualan Waka Juice yang diperkirakan terjual 50 Cup/Hari, dengan harga Rp.5000,00/cup.
 ARUS KAS
CASHFLOW "WAKA JUICE"

URAIAN TAHUN
1 2 3 4 5
INFLOW
Penjualan Juice
Juice 90.000.000 99.000.000 135.000.000 162.000.000 198.000.000
TOTAL INFLOW 90.000.000 99.000.000 135.000.000 162.000.000 198.000.000
OUTFLOW
A. BIAYA INVESTASI
Counter kayu 2.500.000
Container Jus 60.000 60.000
Cooler box 150.000
Mesin Seal 600.000
Kursi 50.000 50.000
Blender 200.000 200.000
Sendok besar 15.000 15000 15.000
Pisau 20.000 20.000
Sendok 6.000 6.000 90.000
Garpu 6.000 6.000
Kain Lap 15.000 15.000 15.000 15.000 15.000
Botol aqua galon 35.000
Total Biaya Investasi 3.657.000 15.000 80.000 307.000 120.000
B. BIAYA TETAP
Sewa Bangunan 4.000.000 4.000.000 4.000.000 4.000.000 4.000.000
Gaji Karyawan 6.000.000 6.000.000 6.000.000 6.000.000 6.000.000
Listrik 1.200.000 1.200.000 1.200.000 1.200.000 1.200.000
Biaya Promosi (Brosur, Banner) 1.500.000 1.500.000 1.500.000 1.500.000 1.500.000
Total Biaya Tetap 12.700.000 12.700.000 12.700.000 12.700.000 12.700.000
C. BIAYA VARIABEL
Buah Jambu biji merah 9.000.000 9.900.000 13.500.000 16.200.000 19.800.000
Buah sirsak 9.000.000 9.900.000 13.500.000 16.200.000 19.800.000
Selasih 1.800.000 1.980.000 2.700.000 3.240.000 3.960.000
Agar bubuk 3.600.000 3.960.000 5.400.000 6.480.000 7.920.000
Susu Kental manis 5.040.000 5.544.000 7.560.000 9.072.000 11.088.000
Gula Pasir 9.000.000 9.900.000 13.500.000 16.200.000 19.800.000
Air Galon 4.320.000 4.752.000 6.480.000 7.776.000 9.504.000
Es Batu 1.800.000 1.980.000 2.700.000 3.240.000 3.960.000
Gelas Plastik 7.200.000 7.920.000 10.800.000 12.960.000 15.840.000
Sedotan 7.200.000 7.920.000 10.800.000 12.960.000 15.840.000
Total Biaya Variabel 57.960.000 63.756.000 86.940.000 104.328.000 127.512.000
D. IJIN USAHA 500.000
Total Outflow 74.817.000 76.471.000 99.720.000 117.335.000 140.332.000
Net Benevit 15.183.000 22.529.000 35.280.000 44.665.000 57.668.000
E. PAJAK PENGHASILAN (10% dari Net Benefit sebelum pajak) 1.518.300 2.252.900 3.528.000 4.466.500 5.766.800
Total Outflow setelah pajak 76.335.300 78.723.900 103.248.000 121.801.500 146.098.800

NET BENEFIT 13.664.700 20.276.100 31.752.000 40.198.500 51.901.200
DISCOUNT FACTOR 12.25% 0,891 0,794 0,707 0,630 0,561
PV/TAHUN 12.173.452 16.092.063 22.449.777 25.320.044 29.123.640
NPV 71.779.939
JUMLAH PV positif 92.985.524

* Discount factor yang digunakan sesuai dengan suku bunga SBI teratas per Juni 2008 yaitu 12,25%

Pada awal penjualan, kami akan melakukan promosi terlebih dahulu. Oleh karena itu, pembeli pada tahun pertama diasumsikan berjumlah 50 pengunjung setiap harinya. Inflow akan meningkat setiap tahunnya selama 5 tahun yang dipengaruhi oleh beberapa faktor :
 Pelaksanaan Promosi yang berkesinambungan melalui berbagai cara yang sudah dipersiapkan biaya promosinya setiap tahun.
 Peningkatan pelayanan yang membuat konsumen semakin nyaman.
 Penambahan cabang pada beberapa tempat/lokasi strategis.

b. Benefit Intangible ( Tidak dapat dihitung )
 Menjalin hubungan baik dengan sekitar tempat usaha, sehingga persaingan usaha dilakukan secara sehat.
 Menjalin hubungan baik dengan konsumen, sehingga bisa mendapatkan pelanggan yang setia bahkan menjadi perantara untuk menginformasikan Waka Juice kepada masyarakat lainnya.


KESIMPULAN

Minuman Waka Juice adalah minuman kesehatan yang terbuat dari campuran antara buah sirsak dan buah jambu biji merah dengan bahan pelengkap seperti agar-agar, gula pasir, selasih dan lain-lain. Semua bahan yang di gunakan Waka Juice adalah bahan-bahan terbaik dari Indonesia. Produk Waka Juice adalah produk anak bangsa yang ingin memajukan kewirausahaan di Indonesia dan dalam rangka mengurangi pengangguran .
Minuman Waka juice ini di peruntukan bagi semua kalangan, saya akan memulai usaha di kampus dalam IPB Dramaga, karena selain jalan itu sebagai jalan utama jalan tersebut juga merupakan akses jalan para mahasiswa.
Semua keuntungan akan didapatkan dengan menejemen yang baik, dan disiplin dalam menjual Waka Juice. Perincian penjualan dan pentaksiran keuntungan dari Waka Juice adalah suatu keharusan sehingga usaha dapat terkendali dengan baik.
Tujuan dibuatnya usaha Waka Juice adalah melatih jiwa kewirausahaan generasi muda, sehingga dimasa yang akan datang sudah dapat mempersiapkan untuk melawan arus modern di global dan membuat lapangan pekerjaan untuk masyarakat yang masih membutuhkan pekerjaan. Inflow dari kas Waka Juice sebesar Rp 90.000.000,- sedangkan outflow dari Waka Juice itu sebesar Rp 76.335.000,- , jika dapat berkembang lebih baik lagi kami dapat membuka cabang di beberapa tempat/lokasi secara lebih luas. Pada tahun pertama diperkirakan sudah kembali modal karena memiliki keuntungan Rp. 13.665.000,-.
Mempertahankan usaha Waka Juice dengan cara memiliki karakteristik yang berbeda dengan usaha yang lain, melakukan inovasi dari segi promosi, prodak, serta memperluas cabang usaha tanpa mengurangi konsistensi usaha dari rencana awal hingga rencana akhir.

maaf banget jadi acak-acakan catetan excel nya hehehehe....

1 komentar: