Sabtu, 07 Mei 2011

Proposal Khatulistiwa Juice

I. PENDAHULUAN

Pada umumnya di Negara-negara berkembang seperti Negara Indonesia mempelajari dan berusaha memperbaiki cara bersaing dalam pemasaran dunia, baik dengan melakukan penelitian, promosi dalam usaha memasarkan dan mendistribusikan barang-barang produknya sampai ke tangan konsumen terutama dalam menghadapi pasar bebas tahun 2010.
Pada tanggal 1 Januari 2010 Indonesia telah membuka jalur perdagangan bebas dengan sebutan ACFTA yakni Asean Cina Free Trade Agreement. Saat ini,Indonesia harus membuka pasar dalam negeri secara luas kepada Negara-negara Asean dan Cina dan Indonesia akan mendapat kesempatan lebih luas untuk memasuki pasar bebas tersebut.
Mentri perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan bahwa “ Free Trade Agreement memberikan banyak manfaat bagi ekspor dan penanaman modal di Indonesia”.Sangat di sayangkan, karena pendapat tersebut menuai pro dan kontra. Menurut Ernovian G Ismy,Sekjen Asosiasi Pertekstilan Indonesia menyatakan kekhawatiran atas adanya perdagangan bebas ACFTA, bahwa “Akan terjadinya pola usaha yang ada dari pengusaha menjadi pedagang. Sehinggga jika berdagang lebih menguntungkan karena factor harga barang-barang impor lebih murah,akan banyak industri nasional dan lokal yang gulung tikar sampai akhirnya berpindah menjadi pedagang”. Mantan Dirjen Bea Cukai juga mempertanyakan manfaat di berlakukannya perdagangan bebas bagi masyarakat. Semua ini terjadi karena dominasi cina dalam perdagangan dan pemasaran lebih unggul dan maju di bandingkan dengan Indonesia. Sebelum adanya ACFTA,produk yang berlebelkan Made In China sudah ada di pasaran Indonesia dan alhasil mengakibatkan kehancuran sektor-sektor ekonomi yang di serbu. Mereka berani untuk bersaing kualitas bagus dengan harga yang standar. Seandainya dibiarkan,maka karakter ekonomi dalam negeri akan semakin tidak mandiri dan lemah. Indonesia akan semkin kalah bersaing di pasar Asean Cina sehingga dampak ketersediaan lapangan kerja pun akan ikut terancam.
Sebagai generasi muda penerus yang suatu saat nanti akan mengalami keadaan seperti ini,keharusan untuk berfikir realistis sehingga bendampak positif adalah suatu kewajiban karena semua yang kita lakukan akan selalu berpengaruh terhadap keadaan Negara kita. Oleh karena itulah kami sebagai salah seorang dari beberapa generasi penerus bangsa ingin memperkenalkan suatu produk yang telah kami buat,produk ini adalah sebuah minuman buah Tropis yang kami beri nama dengan Khatulistiwa Juice. Kami memilih Khatulistiwa Juice sebagai produk kami karena Khatulistiwa Juice sesuai dengan survei yang telah kami lakukan kepada responden SMA Bina Bangsa Sejahtera, sehingga memenuhi keinginan konsumen dan memiliki nilai gizi yang baik.









II. LATAR BELAKANG

Pada zaman yang modern dan teknologi serba canggih sekarang ini,ternyata tidak membuat semua orang menjadi sejahtera. Kesehatan yang menjadi prioritas utama dalam kehidupan semakin menurun, terbukti dengan banyaknya macam-macam penyakit yang muncul dan menyerang manusia. Penyakit yang berbahaya kini sudah mulai mengancam kehidupan dan kesejahteraan umat manusia, contohnya depresi/stress, darah tinggi, diare, gangguan system saraf dan bahkan penyakit kanker,sedangkan dari kanker saja sudah terdapat jenis-jenis kanker yang berbahaya contohnya kanker payudara, kanker rahim, kanker otak,dll. Menurut beberapa hasil penelitian, menyatakan bahwa buah-buahan dan sayur-sayuran adalah kunci dari kesehatan.
Atas dasar itulah kami melakukan survei terhadap siswa dan siswi SMA plus Bina Bangsa Sejahtera.Survei yang kami lakukan adalah membagikan koesioner tertutup dengan 25 pertanyaan yang diberikan kepada 20 responden sebagai sampel. Survei ini dilakukan untuk mendapatkan data tentang keinginan remaja tentang “ seperti apa minuman yang mereka ingikan?”. Karena hasil survei inilah kami berani untuk melakukan percobaan terhadap minuman yang akan menjadi produk kami nanti.
Buah sirsak adalah buah yang berasal dari kata zuurzak yang berarti kantung asam. Buah sirsak ini sebenarnya berasal dari Hindia Barat dan Amerika,walaupun buah sirsak bukan buah asli dari Indonesia, namun buah sirsak dapat tumbuh dengan baik di Indonesia sehingga dapat.di budidayakan. Buah sirsak ini biasa di kenal dengan nama Nangka Belanda, Nangka Sabrang, dan Buah Mandalika. Buah ini tingginya dapat mencapai 3-8 meter. Buah sirsak adalah buah musiman sehingga sangat sulit apabila mencari sirsak bukan pada saat musimnya. Buah sirsak ini memiliki banyak sekali manfaat salah satunya adalah dapat menormalkan system saraf yang terganggu.
Buah jambu atau dalam bahasa inggris ialah Guava Fruit. Buah jambu memiliki banyak spesies dan variasinya setiap spesiesnya memiliki manfaatnya masing-masing hanya saja yang memiliki manfaat yang lebih besar dan banyak adalah buah jambu biji merah. Buah jambu biji merah tidak termasuk dalam buah musiman, karena kita bisa dengan mudah menemukan buah ini di supermarket, toko-toko buah, bahkan di kuli buah sekali pun.rasanya yang segar dan manis sangatlah menggetarkan lidah. Walaupun buah jambu biji merah ini bukan musiman tetapi manfaat yang di timbulkannya sangatlah besar, salah satu dari manfaatnya ialah dapat mencegah konstipensi.
Jika kedua buah ini di campurkan dengan manfaat - manfaat yang dimiliki oleh masing-masing buah tersebut antara buah sirsak dengan buah jambu biji merah, maka dipercaya akan menghasilkan minuman yang segar, nikmat, mengenyangkan sekaligus menyehatkan, dan tentu saja minuman ini akan memberikan nilai tambah untuk kuliner bangsa kita. Karena berbahan baku buah sirsak dan buah jambu dan kedua buah ini termasuk dalam buah Katulistiwa maka produk minuman ini dinamakan Khatulistiwa Juice.












III. PEMBAHASAN
III.1. Analisis STP ( Segmentation,Targetting,dan Positioning)
III..1.1 SEGMENTATION
Minuman Khatulistiwa Juice di konsumsi oleh anak-anak di atas 1 tahun karena minuman ini dapat menghilangkan dahaga, sekaligus memberikan keceriaan kepada anak-anak karena salah satu manfaatnya ialah dapat mengurangi stress dan deoresi selain itu keunikan dari rasa dan tampilannya yang berbeda dari produk yang lain. Selain anak-anak, remaja dari umur 12 tahun juga dapat mengkonsumsi minuman Khatulistiwa Juice karena di masa remaja adalah masa pertumbuhan dan masa dimana seseorang mulai merasakan ketertarikan terhadap sesuatu dan masa remajalah masa rawan terhadap penyakit-penyakit berbahaya oleh karena itu minuman Khatulistiwa Juice berguna untuk menghilangkan dahaga, melancarkan saluran pencernaan, diare atau disentri, radang lambung, menghilangkan depresi atau stress,dll. Tidak hanya kalangan anak-anak dan remaja yang dapat mengkonsumsi, orang dewasa pun dapat mengkonsumsi minuman Khatulistiwa Juice karena minuman ini memenuhi kebutuhan gizi,dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh,dan dapat menyegarkan pikiran yang lelah dan jenuh akibat aktifitas atau rutinitas yang padat. Sehingga kami memberikan harga ekonomis terhadap konsumen baik kepada menengah ke atas ataupun menengah.
III.1.2 TARGETING
Minuman Khatulistiwa Juice dapat dikonsumsi oleh masyarakat luas dikalangan anak-anak dan remaja se-kota bogor bahkan meluas hingga ke seluruh Indonesia. Minuman ini di targetkan untuk semua kalangan masyarakat. Menginformasikan manfaat-manfaat yang terkandung dalam Khatulistiwa Juice kepada konsumen. Memaksimalkan pemanfaatan buah-buah hasil budidaya perkebunan Indonesia. Membantu meningkatkan kualitas kuliner kesehatan di Indonesia.
III.1.3 POSITIONING
Minuman Khatulistiwa Juice berkhasiat untuk kesehatan,menghilangkan rasa lapar dan dahaga. Rasanya yang unik menjadi perbedaan dengan jus lain yang di jual di pasaran. Dengan harga yang terjangkau minuman Khatulistiwa Juice dapat dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat. Selain dengan harga yang terjangkau konsumen juga dapat menikmati manfaat dari minuman Khatulistiwa Juice. “ Khatulistiwa Juice Kesehatan Kita Semua”.

III.2 Analisis Marketing Mix ( Bauran Pemasaran )
III.2.1. PRODUCT
Nama produk kami berasal dari minuman,minuman yang menjadi produk kami adalah Khatulistiwa Juice yang berasal dari buah sirsak,buah jambu biji merah,dengan tambahan agar-agar dan susu cair sebagai pelengkap.
Kandungan Zat Gizi dan serat pangan buah SIRSAK / 100 gram BDD dapat dilihat pada tabel dibawah ini.
Tabel Kandungan Zat Gizi dan serat pangan buah SIRSAK / 100 gram BDD
Kandungan Jumlah Kandungan Jumlah
Energi 65,00 kal Besi 0,60 mg
Protein 1,00 gr Vitamin A 1,00 RE
Lemak 0,30 gr Vitamin B1 0,07 mg
Karbohidrat 16,30 gr Vitamin B2 0,04 mg
Kalsium 14,00 mg Vitamin C 20,00 mg
Fosfor 27,00 mg Niacin 0,70 mg
Serat 2,00 gr
MANFAAT BUAH SIRSAK adalah Berbagai manfaat sirsak untuk terapi antara lain pengobatan batu empedu, antisembelit, asam urat dan meningkatkan nafsu makan. Dengan mengkonsumsi buah sirsak dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan (sebagai obat agar awet muda). Selain itu, kandungan seratnya juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit. Sari buah sirsak di dalam sistem pencernaan akan meningkatkan rangsangan nafsu makan. Kegunaan lain dari sari buah ini adalah untuk pengobatan pinggang pegal dan nyeri, penyakit kandung air seni dan wasir (ambeien). Buah sirsak dipercaya mampu mengalahakan kanker 10000 kali lebih cepat di bandingkan dengan kemoterapi.
Kandungan gizi dalam 100 gram jambu biji disajikan pada tabel 1 sebagai berikut :
Tabel 1. Kandungan Gizi jambu biji dalam 100 gram BDD
Kandungan Jumlah Kandungan Jumlah
Energi 49,00 kal Vitamin A 25 SI
Protein 0,90 gr Vitamin B1 0,05 mg
Lemak 0,30 gr Vitamin B2 0,04 mg
Karbohidrat 12,20 gr Vitamin C 87,00 mg
Kalsium 14,00 mg Niacin 1,10 mg
Fosfor 28,00 mg Serat 5,60 gr
Besi 1,10 mg Air 86 gram
Bagian yg dapat dimakan 82 %

Jambu biji juga mengandung kalium yang berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan dan sel tubuh serta menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida darah, serta menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Menurut Dr. James Cerda dengan memakan jambu biji 0,5 - 1 kg /hari selama 4 minggu resiko terkena penyakit jantung dapat berkurang sebesar 16 %.
Kandungan dari agar-agar adalah dari alga hijau yang berasal dari laut,dan penambah rasa. Manfaat dari agar-agar adalah untuk mencerna makanan,baik untuk pencernaan di usus,dapat digunakan untuk meredakan panas dalam, Antikanker, Antioksidan, Mencegah Kardiovaskular, Makanan Diet.
Kandungan dari susu cair adalah Energi total 140 kkal,Energi dari lemak 40 kkal,Lemak total 4 g(8% AKG),Kolesterol 3 mg(1% AKG),protein 1,1 g(2% AKG),KarbohidratTotal 24 g (7%AKG),Serat pangan 2 g (7% AKG),gula 20 g,Natrium 35 mg(2% AKG),Vitamin A (10%AKG),Vitamin B1 (10% AKG),Vitamin D3(21%AKG),Kalsium (15% AKG), Zat Besi (2% AKG). Sedangkan manfaat dari susu cair adalah kalsium lebih tinggi,lebih praktis,baik untuk pertumbuhan tulang dan tubuh,dll.
Dari kandungan bahan-bahan yang kami gunakan untuk minuman Khatulistiwa Juice, terlihat untuk kualitas yang bagus dengan penyesuaian harga yang terjangkau oleh konsumen.
III.2.2 PRICE
ANGGARAN BIAYA MINUMAN KHATULISTIWA JUICE

NO NAMA BARANG JUMLAH BARANG HARGA BARANG
1 Buah Sirsak 1 kg Rp5.000
2 Buah Jambu Biji Merah 1 kg Rp5.000
3 Agar-Agar 1 bungkus Rp1.500
4 Gula 1/2 kilo Rp6.000
5 Susu Cair Kental 3 bungkus susu cair Rp3.000
6 CUP Minuman 8 buah Rp4.000
7 Sedotan 8 buah Rp4.000
jumlah keseluruhan Rp28500



Harga yang kami tentukan untuk minuman Khatulistiwa Juice adalah sebesar Rp5000,00/cup. Harga ini jauh lebih ekonomis apabila dibandingkan dengan harga yang ditetapkan oleh harga-harga di mall atau di tempat lain,dan dari harga tersebut kita memiliki keuntungan tersendiri.



III.2.3. PROMOTION
Untuk memperkenalkan minuman Khatulistiwa Juice kita dapat melakukan promosi dari beberapa media,media yang di gunakan ialah media elektronik dan media cetak. Media elektronik antara lain promosi dengan Blog,Facebook,Twitter sedangkan promosi dengan media cetak antara lain dengan cara membagikan liftflat. Promosi dengan memanfaatkan dua media akan memudahkan kita dalam memperkenalkan produk minuman Khatulistiwa Juice.

II.II.IV PLACE
Tempat yang cocok untuk penjualan minuman Khatulistiwa Juice adalah di tempat-tempat atau daerah yang ramai yang dapat dilihat oleh banyak pasang mata didunia ini,contohnya adalah kaaantin-kantin sekolah,kantin rumah sakit,dan di Mall terutama di bagian food court.





IV. PENUTUP

Perdagangan bebas oleh ACFTA yang dimulai pada tanggal 1 Januari 2010 di anggap akan merugikan Indonesia. Ernovian G Ismy,Sekjen Asosiasi Pertekstilan Indonesia menyatakan kekhawatiran atas adanya perdagangan bebas ACFTA, bahwa “Akan terjadinya pola usaha yang ada dari pengusaha menjadi pedagang. Sehinggga jika berdagang lebih menguntungkan karena factor harga barang-barang impor lebih murah,akan banyak industri nasional dan lokal yang gulung tikar sampai akhirnya berpindah menjadi pedagang”.
Menjadi pedagang bukanlah hal mudah, jika ingin menang dalam persaingan maka harus membuat sebuah inovasi baru. Atas dasar itulah kami mengadakan survey kepada responden SMA BBS untuk mendapatkan produk inovasi baru yang memiliki sasaran pemasaran yang lebih jelas. Alhasil survey tersebut membuktikan bahwa sebagian besar responden menginginkan minuman yang rasanya manis, asam, dingin dan menyegarkan. Oleh karena itu diperolehlah sebuah minuman dari campuran buah sirsak dan jambu merah yang memiliki khasiat dapat mencegah kanker, melancarkan pencernaan dalam usus dan meningkatkan trombosit pada penyakit demam berdarah.
Minuman ini diberi nama Khatulistiwa Juice, karena dapat membuktikan seberapa jauh anda atau konsumen mencintai kesehatan,seberapa jauh konsumen mencintai kuliner Indonesia,dan seberapa jauh keinginan konsumen untuk memajukan kuliner Negara Indonesia Khatulistiwa bersama Khatulistiwa Juice.
Khatulistiwa Juice Kesehatan Kita Semua.






DAFTAR PUSTAKA

Basu Swartha Dh dan Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi 2, Yogyakarta, Penerbit Liberty, 1986.
Mursid M Drs.Manajemen Pemasaran.Jakarta.Edisi 1.Penerbit Bumi Aksara.2006.
Koran Kompas, edisi 5/1/2010.
Koran Republika, edisi 4/1/2010.
Majalah Bisnis Indonesia, edisi 9/01/2010
Antara, edisi 11/01/2010
Hizbut-Tahrir or.id/…/ACFTA-PASAR/
www.bppi.depperin.go.id
www.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar