Sabtu, 07 Mei 2011

makalah tentang pemanfaatab pohon aren

“ Penanaman Pohon Aren Mengatasi Kelangkaan Air Bersih”







Disusun oleh :
Sinta Krisdamayanti











1.PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang

Alam memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Allah SWT telah meniciptakan Alam Semesta tempat dimana adanya kehidupan dengan berbagai kenikmatan, dan Allah SWT telah menyiapakan segala yang diperlukan manusia dengan perantara alam yang telah di ciptakannya. Alam memberikan berbagai fasilitas kepada kami sebagai umat manusia untuk dapat bertahan hidup, salah satunya adalah dengan adanya Sumber Daya Alam. Sumber Daya Alam pun terbagi menjadi dua kelompok yaitu Sumber Daya Alam dapat di perbaharui dan Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui. Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui contohnya adalah Air, Udara, Tanah, dan lain-lain. Sedangkan Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui contohnya emas, barang tambang, minyak bumi, dan lain-lain.
Sumber Daya Alam sangat penting untuk kelangsungan hidup umat manusia. Namun, sangat disayangkan karena pada akhirnya Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui pun sudah semakin tercemar oleh lingkungan sekitar yang dari hari ke hari semakin modern dan serba tekhnologi seperti sekarang ini. Air memiliki peran begitu penting pada kehidupan umat manusia, tanpa adanya air tidak akan ada kehidupan di dunia ini. Selain itu, air begitu penting karena dua per tiga dari luas permukaan bumi adalah air, dan air memberikan warna biru yang indah jika dilihat dari luar angkasa.
Namun jika melihat keadaan air yang sekarang ini, sungguh memprihatinkan karena pada kenyataanya sumber daya alam yang seharusnya dapat diperbaharui seperti air mengalami berbagai masalah contonya kelangkaan air bersih di beberapa tempat, beberapa tempat di wilayah Jawa Barat, selain itu setelah adanya kelangkaan air timbul masalah air tidak sehat. Sebenarnya, semua itu terjadi karena tangan-tangan manusia juga yang tidak bertanggung jawab.
Pohon Aren termasuk kedalam jenis pinang-pinangan. Pohon aren hampir mirip dengan pohon kelapa hanya saja perbedaanya, jika daun tua pohon kelapa mudah terlepas dari pohonnya dan batang pohon bersih sedangkan aren memiliki batang pohon yang kotor dan jika daun sudah tua sulit untuk terlepas dari pohonnya. Pohon Aren dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis. Selain itu pohon aren sangat baik digunakan sebagai tempat resapan air untuk cadangan air, sehingga mengatasi kelangkaan air yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia.
Oleh karena itulah penulis tertarik untuk membuat Karya Tulis Ilmiah ( Makalah ) dengan sub tema “Kelangkaan Air dan Budidaya Air Bersih”, dan penulis mengambil judul “Penanaman Pohon Aren Mengatasi Kelangkaan Air Bersih”.

1.2. Permasalahan Penulisan

 Apakah ada cara yang dapat di lakukan untuk mengatasi kelangkaan air bersih, namun dengan cara yang sederhana?
 Bagaimanakah solusi yang baik untuk mengatasi kelangkaan air bersih?
 Adakah satu solusi yang menghasilkan banyak manfaat?

1.3. Tujuan Penulisan

Mengetahui pengaruh dan manfaat penanaman pohon aren untuk mengatasi kelangkaan air bersih.



2. Landasan Teori Penulisan

Peran air sangatlah penting dalam kehidupan. Air adalah sesuatu yang tidak dapat terlepas dari makhluk hidup. Air selalu dimanfaatkan oleh makhluk hidup untuk bertahan hidup. Indonesia termasuk Negara yang kaya akan air, namun sedikit air yang dinilai sehat untuk digunakan ataupun dikonsusmsi, ini dikarenakan pencemaran air dan udara sudah meluas dan tersebar dimana-mana.
Menurut para peneliti sebuah lembaga riset trombosis di London, Inggris, jika orang selalu mandi dengan air dingin, peredaran darahnya akan membaik sehingga tubuh terasa lebih bugar. Ditambahkan lagi bahwa mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus. Bahkan, mandi dengan air dingin di waktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Dengan demikian kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat. Selain itu jaringan kulit membaik, kuku lebih sehat dan kuat, tak mudah retak.
Menurut Prof. Dr. Ir. Sari B Kusumayudha, M.Sc., ahli hidrogeologi dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, mengatakan sumber air terbaik berasal dari mata air pegunungan vulkanik. Hal ini berdasarkan bahwa mata air pegunungan vulkanik memenuhi ketiga syarat karakteristik sumber air tanah, yaitu kualitas, kuantitas dan kontinuitas.
Sementara itu, Dr. Ir. Heru Hendrayana, ahli hidrogeologis dari Universitas Gajah Mada menjelaskan air tanah kemudian akan tersimpan di dalam akuifer dengan kedalaman dari beberapa meter sampai dengan ratusan meter di bawah permukaan tanah, dan mempunyai waktu tinggal (residence time) dari beberapa hari sampai jutaan tahun. Selama pengalirannya, air tanah mengalami berbagai proses yang membuat air tanah mengadung berbagai macam mineral dan akhirnya mempunyai kualitas yang berbeda di setiap tempat. Sebagai kelanjutan proses alamiah, air tanah kemudian ada yang muncul di permukaan dan disebut sebagai mata air. Dalam hal ini, mata air di pegunungan dianggap sebagai sumber air yang sempurna, baik kuantitas maupun kualitasnya. Debit mata air di pegunungan umumnya besar dan terus menerus, karena di daerah ini umumnya merupakan daerah basah dengan intensitas curah hujan tinggi serta masih memiliki daerah tangkapan air yang relatif baik.

















3. Pembahasan Penulisan

Air merupakan bagian terpenting dalam kehidupan, tanpa adanya air tidak mungkin adanya kehidupan di bumi ini. Dua per tiga dari bumi adalah air, dan sebagian dari tubuh kita adalah cairan. Ternyata air tidak mungkin terlepas dari kehidupan manusia dan alam. Air memiliki banyak manfaat selain untuk kebutuhan rumah tangga, air juga di manfaatkan untuk minum agar terhindar dari dehidrasi, sebagai sarana guna mempercantik diri, menjaga kesegaran dan kesehatan tubuh, ternyata air pun dapat di gunakan sebagai media obat untuk berbagai macam penyakit. Semua manfaat air dapat dirasakan walau terkadang tidak disadari secara langsung.
Indonesia adalah Negara yang memiliki curah hujan yang tinggi, dan di Indonesia terdapat sebuah kota di Jawa Barat yang di juluki sebagai Kota Hujan karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi. Kota Hujan adalah julukan bagi Kota Bogor. Hampir setiap hari Kota Bogor mengalami hujan, bahkan saat musim kemarau pun Kota Bogor masih diguyur hujan. Namun, sungguh prihatin karena ternyata ada beberapa tempat yang mengalami kelangkaan air bersih bahkan Kota yang mendapat julukan Kota Hujan tersebut, memiliki beberapa wilayah/desa yang mengalami kelangkaan air bersih, sehingga demi mendapatkan air bersih masyarakat rela untuk mengeluarkan uang mereka demi membeli air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebenarnya, tidak masuk akal jika kota yang setiap hari di guyur hujan mengalami kelangkaan air, namun itulah kenyataan yang sesungguhnya. Seharusnya masyarakat sadar akan hal tersebut. Jika kita melihat dengan sudut pandang alam, bisa saja kelangkaan air tersebut terjadi karena hutan yang gundul sehingga menyebabkan serapan air tidak maksimal. Hujan yang turun tidak dapat diserap dengan maksimal oleh alam, sehingga tidak akan ada cadangan air karena tidak adanya serapan. Hujan yang tidak dapat diserap menimbulkan kelangkaan air bersih, banjir, erosi, dan lain-lain.
Gunung Pangrango yang ada di Kota Bogor adalah salah satu contoh gunung yang hampir saja gundul akibat ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Bisa dibayangkan seberapa pentingnya manfaat hutan di gunung untuk kehidupan manusia, namun apabila hutan di gunung gundul maka bencana yang akan didapat oleh kehidupan manusia. Air yang terdapat di gunung adalah air terbaik yang seharusnya di konsumsi karena memiliki kualitas, kuantitas, dan kontinuitas sebagai syarat karakteristik sumber air tanah. Kuantitas dipengaruhi oleh curah hujan, siklus air dan kondisi hidrogeologis area di sekitar sumber daya air, sedangkan kualitas dipengaruhi oleh faktor alami (kondisi serta komposisi tanah dan batuan) maupun aktivitas manusia (pertanian, pencemaran rumah tangga, industri, dan lain sebagainya), dan kontinuitas ialah yang memberi keseimbangan antara pemakaian dan pengembalian kembali kepada alam.
Oleh karena itu penulis memiliki project untuk mengatasi kelangkaan air bersih dengan cara penanaman Pohon Aren di Gunung Pangrango. Penulis percaya bahwa project ini akan berhasil untuk mengembalikan alam menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya . Penulis memilih Pohon Aren karena menurut beberapa penelitian, Pohon Aren memiliki banyak manfaat, selain akarnya dapat menyerap air sehingga memiliki cadangan air, aren menghasilkan O2 dan menyerap CO2 yang terdapat di udara sehingga mengurangi pencemaran udara, buah dari aren pun dapat di olah menjadi makanan yang lezat, dan Pohon Aren juga dapat di olah menjadi bahan bakar yang ramah lingkungan dengan olahan ilmiah selain itu penanaman dan perawatan Pohon Aren tidaklah repot, dan juga tidak perlu dipupuk karena Pohon Aren lebih bagus tumbuh secara liar di alam dan pertumbuhan Pohon Aren pun tidak berjangka lama hanya sekitar 4-6 tahun untuk tumbuh besar maksimal. Dengan cara menanam Pohon Aren diharapkan masyarakat tidak lagi mengalami kelangkaan Air karena sudah ada cadangan dengan serapan yang maksimal, menhindari bencana alam berupa banjir, erosi, dan kebakaran hutan, dan dapat juga dipergunakan sebagai ladang ekonomi masyarakat sekitar.
Project yang akan dilaksanakan :

Tema : Budidaya Air Bersih
Nama Project : Penanaman Pohon Aren Mengatasi Kelangkaan Air Bersih
Peserta : Siswa/siswi SMA plus Bina Bangsa Sejahtera
Tempat, tanggal : Gunung Pangrango, 21 November 2010
Pukul : 06.00 – selesai


Peralatan :
• 1000 bibit Pohon Aren siap tanam.
• Sekop/Cangkul/alat lainnya.
• Alat siram tanaman
• pupuk alami
• dan lainnya.










4. Kesimpulan dan Saran Penulisan

4.1 KESIMPULAN
Ternyata kita tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang banyak untuk melakukan budidaya air bersih. Tanpa disadari ternyata ada cara sederhana untuk mengatasi kelangkaan air bersih yaitu dengan cara penanaman pohon aren. Penanaman pohon aren di sekitar gunung selain dapat mengatasi kelangkaan air bersih ternyata memiliki banyak manfaat lainnya yaitu sebagai penyerap CO2 dan penghasih O2, selain itu dapat mencegah bencana alam, mengembalikan keseimbangan ekosistem yang rusak, dan sebagai lapangan pekerjaan. Ternyata setelah ditelusuri begitu banyak manfaat dari pohon aren untuk alam dan juga untuk manusia. Bersyukurlah warga Indonesia karena memiliki begitu banyak Sumber Daya Alam yang disediakan Alam untuk umat manusia.
Project akan dilakukan tanggal 21 November 2010 tepat pada hari Minggu, guna penanaman 1000 Pohon Aren di sekitar Gunung Pangrango sebagai upaya mengatasi kelangkaan air bersih.









4.2 SARAN
Seharusnya pemerintah lebih tanggap dan semakin peduli terhadap masalah-masalah kecil, karena kebanyakan orang beranggap kelangkaan air bersih adalah hal biasa dan tidak serius (menurut pandangan orang yang tidak merasakan), namun pernahkah terfikir bagaimana perasaan orang yang merasakan kelangkaan air tersebut. Betapa sulitnya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan air, kesulitan mandi dan juga minum.
Memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam yang ada di Indonesia secara maksimal, jangan sampai Indonesia selalu ada di belakang Negara-negara Maju tanpa menjadi Negara Maju.
Mengajak generasi-generasi muda untuk lebih tanggap terhadap lingkungan sekitar, dan memberikan energi positif terhadap alam untuk kehidupan dimasa yang akan datang.
Berfikir realistis dalam bertindak, melihat dampak positif dan negative yang timbul, dan menjadi generasi penerus yang peduli lingkungan sekitar walau dari hal terkecil sampai hal yang besar.









5. Daftar Pustaka

Galeri Gambar, Perubahan untuk Rakyat, Rabu, 11 Maret, 2009
andhirao2.blogspot.com/.../air-pegunungan-adalah-air-terbaik.html
margono.wordpress.com/2008/07/10/seribu-manfaat-air/
alumnifatek.forumotion.com/.../mengebor-minyak-di-pohon-aren-t619.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar